Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir

9 min read

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Part 2

Mi Ra dan Park Yeong Su berencana untuk menikah. Mereka sedang di kedai pizza milik Sanchez dan membicarakan masalah itu. Mi Ra merasa ragu kalau orang tuanya tidak akan merestui Detektif Park dan Jikalau itu benar-benar terjadi, Mi Ra minta bantuan Sanchez untuk meyakinkan orang tuanya. Mereka lalu ke toko mabel.

Mi Ra bertemu dengan Nona Jang yang sedang duduk dan berkata Kau akan menikah Mi Ra? Dia menjawab benar dan akan menikah di musim dingin ini. Niona Jang lalu berkata ke Mi Ra dengan nama lamanya agar Song Hwa selalu berlaku baik kepada Yeon Woo (Detektif Park). Jika tidak Nona Jang akan menjungkirbalikkan hidupnya Mi Ra seperti televisi di sebelahnya.

Chan Seong bertanya ke Man Weol tentang apa yang kau katakan kepada MiRa. Man Weol menjawab kalau Dia hanya mendoakan mereka dan memberikan hadiah televisi untuknya. Man Weol lalu berkata kalau Bu Choi akan pergi hari ini dan Bulan purnama juga akan segera tiba.

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir
viu.com

Kemudian mereka berdua mengantar kepergian Bu Choi ke akhirat. Bu Choi merasa berterima kasih kepada mereka berdua. Dia juga mengakui kesalahan ke Pak Ku Chan Seong kalau dahulu Dia yang mengusulkan agar Chan Seong memasuki kamar 13 (saat ingin mengusir Chan Seong dari hotel dan menjadikan tumbal hantu kamar 13). Dia minta maaf atas hal itu.

Baca juga: Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Part 1

Bu Choi pergi

Selain itu Bu Choi juga teringat masa saat datang pertama kali di penginapan bulan ini. Kala itu Bu Choi mencuri pisau dari penginapan bulan dan ingin membunuh semua keluarga itu, Man Weol justru memberikannya sebilah pedang dan berkata kalau sebenarnya orang yang ingin kamu bunuh adalah dirimu sendiri karena gagal melindungi anaknya.

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir
viu.com

Lalu Man Weol menawarkan Bu Choi untuk menetap di penginapan itu sebagai pegawai. Balik lagi ke masa sekarang, Man Weol ingin peluk Bu Choi untuk terakhir kalinya. Lalu Bu Choi pergi ke Sungai Sanzu.

Chan Seong menemui Mago yang berkaca mata, Ia berkata kalau setelah bulan purnama semuanya akan berakhir dan Jang Man Weol harus pergi. Chan Seong bertanya, kenapa mereka memilihnya. Ma Go menjawab kalau bunga yang memipikan bulan, belum menunjukkan mimpi terakhirnya.

Di hotel, Man Weol merasa sendirian sekarang ini. Staff pegawainya sudah pada pergi ke akhirat. Dia berjalan ke koridor bawah dan membayang saat melihat Hyun Joong, lalu di koridor utama membayangkan saat ada Bu Choi, dan di bar saat ada Kim Seon Bi. Dia sangat sedih setelah mereka pergi. Dahulu begitu ramai sekarang terasa kosong. Man Weol mengeluarkan air matanya (asli sedih banget liatnya)

Chan Seong bersama Man Weol

Ku Chan Seong lalu datang, Dia bersandar di bahunya. Dia mengantuk. Lalu Chan Seong menggendong Man Weol ke kamarnya.

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir
viu.com

Chan Seong menemani Man Weol tidur dan Ia ikutan tertidur dan Dia memimpikan masa lalunya (waktu kecil di awal episode terakhir ini). Mago yang berbaju pink datang dan bertemu Chan Seong. Dia bertanya apa ada yang bisa aku bantu? Mago pernah meminjamkan gunting kepada tamu pengantin hotel dan Dia lupa mengambilnya kembali darinya.

Chan Seong yang menyimpannya lalu mengembalikannya. Setelah itu Mago menawarkan apakah aku harus memutuskan hubungan antara kamu dan orang yang membuatmu sedih? (Man Weol)

Chan Seong lalu bertanya, apa kami masih terhubung? Kamu bisa melihatnya? Apakah masih ada hubungan yang tersisa untuk diputuskan? Mago tak bisa menjawab semua pertanyaan Chan Seong itu. Chan Seong ingin sesuatu darinya kalau Dia ingin kembali ke masa lalu. Dia ingin melihat musim dingin bersama Man Weol.

Lalu Chan Seong dan Man Weol berdiri di gerbang waktu itu dan membawa Man Weol bersamanya ke masa lalu dan salju turun.

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir
viu.com

Man Weol mengatakan kalau Dia melihat Chan Seong dalam mimpinya. lalu Chan Seong menuliskan nama Man Weol di tangannya. Mereka bertemu lagi setelah perjalanan panjang.

Man Weol pergi

Hari perpisahan pun tiba, Man Weol akhirnya akan pergi ke sungai Sanzu. Dia begitu sedih. Man Weol berkata, Mari bertemu di kehidupan kita berikutnya, apa pun yang terjadi. Ku Chan Seong lalu mengucapkan selamat tinggal pada Man Weol. Dia tak bisa menahan air matanya.

Hotel Del Luna akhirnya menghilang. Chan Seong tetap berdiri di depan terowongan itu hingga siang hari. Dia berkata bulan tersayangku menghilang setelah menelan malam dan impianku…sampai jumpa.. Chan Seong begitu sedih.

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir
viu.com

Kemudian suara pengantar Mago berbicara, bahwa merasa sedih adalah yang yang wajar saat merasakan kehilangan. Dia berharap untuk mereka berdua, sepasang kekasih saling mencintai. Sementara itu Man Weol sudah berada di sungai Sanzu dan berjalan sendirian.

Musim dingin dan natal tiba. Di rumah Sanchez, Dia mengucapkan selamat Natal..Dia lalu memanggil Chan Seong dan berkata kalau New York sedingin Seoul. Dia menyarankan agar Chan Seong tak lupa memakai pakaian musim dinginnya. Chan Seong nampaknya akan pergi ke Amerika.

Di perpustakaan, Chan Seong bertemu Yuna yang juga ingin belajar di luar negeri. Ia bertanya kabarnya Yuna dan tentang jurusan apa yang ingin Ia ambil. Dia menjawab baik. Yuna juga berkata kalau dirinya akan memilih manajemen hotel dan menjadi pengusaha hotel.

Melihat roh mengganggu belajarnya dan Dia berterima kasih karena Chan Seong telah memberikan obatnya untuknya. Jadi Yuna sekarang sudah tak dapat melihat roh hantu lagi. Lalu ia bertanya, apakah Kamu juga sudah meminumnya? Kau tak melihat roh-roh itu kan? Chan Seong hanya terdiam dan tersenyum.

Chan Seong memandangi lukisan gunung Baekdu. Ma Go datang untuk memberikan bunga ke sosok roh. Chan Seong masih bisa melihat roh-roh itu.

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir
viu.com

Di sebuah taman

Chan Seong sedang duduk di taman dan membaca buku “Keberadaan dan Waktu”. Di taman itu ada Seon Bi yang sedang joging, lalu Bu Choi yang sedang bersama anjingnya dan Hyun Joong yang sedang memakai seragam sekolah dan bermain basket.

Kemudian tiba-tiba datang Man Weol, bersandar dipelukan Chan Seong. Dia berkata, kau datang lebih awal.

Chan Seong dan Man Weol berkata, suatu hari, jika kita kembali bersama dalam kehidupan yang jauh di sana. Saat hari itu tiba, aku berharap bisa selalu bersamamu. Saling merangku, dan tertawa bersama seperti kita hidup bahagia selamanya.

Sudah tamat…. Gimana menurutmu? ini cerita happy ending atau sad ending? Pertemuan Nona Jang dan Chan Seong itu beneran atau bukan? Karena ada kata-kata “jika kalau bertemu di masa depan”, kalau seperti itu jadi hanya bayangan Chan Seong saja ya dan ceritanya nampak ambigu gitu.

Coba tulis pendapatmu di kolom komentar di bawah ya…

Bonus spesial scene

Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir
viu.com

Mago membuat pengumuman penting. Semua Mago hadir, ada yang baju pink, ada Mago pembawa rezeki, ada Mago yang berjubah hitam dan Mago yang berkacamata namun yang ke enam masih saja tinggal di Joseon (yang pengemis itu loh)

Mago telah memilih pemilik baru penginapan bulan. Jiwa-jiwa pengembara yang tidak punya tujuan lain harus punya tempat tinggal untuk menceritakan kisah mereka, ujar Ma Go.

Lalu salah satu Mago bertanya, apa nama hotel baru itu? Mago tak mengingat namanya. Hotel baru itu adalah “Hotel Blue Moon“. Pemiliknya adalah seorang pria Kim Soo‑hyun. Dia berkata, bulan sudah terlihat…mari buka pintunya.

OMG..OMG… kalau seperti ini sih berharap ada season kedua yang main Kim Soo Hyun…

TAMAT

Watch Hotel del Luna Episodes 11 English Subtitle On VIU

Nonton Online Hotel del Luna Episode 16 Subtitle Indonesia

All images credit and content copyright : TVN, VIU

Laman: 1 2

3 Replies to “Sinopsis Hotel del Luna Episode 16 Terakhir”

  1. Iya saya gak engerti itu happy ending atau sad ending🤔🤔 jadi binggung,gimana nih selanjutnya ada kah season 2 nya kah untuk melanjutkan kisah dari Chang seong ,yg tiba” jumpa dengan man woel ?gimana itu kok bisa terjadi sih ,GK jelas bangat endingnya,tapi ini film benar” saya sukaaaaa sangat😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright Tentang Sinopsis 2020

KONTAK | DMCA.com Protection Status