Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12 Part 2

Melanjutkan dimana Mihol, Taealha dan Yeobi sedang menyaksikan TanYa memeriksa Byeoldaya itu. Tapi hingga akhirnya TanYa mengatakan kepada Mihol bahwa Dia tak tahu dan minta maaf. Mihol lalu mencoba meminumkan Halusinogen pada TanYa, namun sama saja tak berhasil. TanYa mengatakan kalau Dia tak tahu.

Lantas Mihol mengatakan kepada Taealha, maka sudah diputuskan untuk giliran Taealha menepati janjinya karena Ayah sudah menepati janji tapi wanita itu tak tahu dimana tempatnya. Taealha mengatakan kalau Dia akan menurutinya.

Mihol meminta kepada Taealha bahwa, Di Sidang Keramat, Taealha harus bersaksi tentang kejahatan Tagon. Dan Mereka butuh Tagon di Sidang Keramat, oleh sebab itu Mihol menyuruh TanYa menulis sebuah pesan.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Isi pesan itu adalah “TanYa akan menemukan lonceng bintang Asa Sin, jadi pastikan kau hadiri Sidang Keramat. Ini peluang kuta untuk mengakhiri Asa Ron.”

Baca juga: Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12 Part 1

Taealha lalu bertanya, bagaimana nasib Tagon selanjutnya? Mihol menjawab bahwa kedua Kakinya akan dipotong.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Disisi lain, depan kuil agung banyak warga dan Jiwa Gunung Puncak Putih yang berdiri di luar menanyakan kebenaran tentang ketturunan langsung Kepala Suku Asa Sin yang sedang berada di dalam Kuil Agung. Mereka minta Asa Ron menjawab pertanyaan mereka.

Mereka berteriak “Asa Ron Niruha, Tolong Jawab Kami! Apa keturunan langsung Kepala Suku Asa Sin ada dalam Kuil Agung?”

Asa Yon melaporkan kejadian itu kepada Asa Ron. Dia mulai cemas, Ia bahkan belum mendengar kabar dari Mihol lagi.

SaYa yang juga dalam rombongan itu dalam hati bergumam “Asa Sin, Dia mewarisi darahmu Jadi tolong lindungi TanYa…Kumohon”

Mihol menemui Asa Ron

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Mihol datang dan Asa Son yang panik mengatakan kepadanya Jiwa Gunung Puncak Putih pada berkerumunan di luar Kuil Agung dan mengatakan keturunan Asa Sin ada di sini. Dia tak bisa lagi membunuh gadis itu secara diam-diam. Karena Warga Serikat juga ada disini.

Mihol mengembalikan Byeoldaya kepada Asa Ron dan mengatakan orang itu tak tahu. Kemudian Asa Ron mengatakan, Ya Tentu Matahari, bulan, Bintang sekitar 100 tahun lalu, ini diukir di langit-langit Kuil Agung. Namun, simbol baru diukir tepat di atas simbol-simbol lama itu. Jadi walaupun ini peta tak ada gunanya.

Asa Ron penasaran di langit-langit mana simbol itu berada, tapi Mihol menyuruh Asa Ron untuk mencarinya setelah Sidang Keramat berakhir. Lalu Asa Ron meyuruh Asa Yon untuk memberi tahu pada warga tentang Sidang Keramat.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Asa Yon mengatakan kalau Besok, saat matahari di atas Istana Serikat, Sidang Keramat Taealha akan dimulai. Tapi warga justru menanyakan, Apa keturunan langsung Kepala Suku Asa Sin ada dalam Kuil Agung? Lantas Asa Yon menjawab, Iya, ada yang mengaku keturunan langsung Asa Sin yaitu TanYa dari suku Wahan.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Asa Yon mengatakan Jika Dia menemukan lonceng bintang saat Sidang Keramat ramalan kuno akan jadi kenyataan. Mereka semua pada senang. Di rombongan itu juga ada Mubaek dan beberapa pasukannya.

Gilseon melaporkan ke Tagon, kalau penjaga di luar ruangan Taealha meneriakkan bahwa gadis itu tak tahu. Kemudian Saya mengatakan, kalau begitu tak ada cara lain sekarang. Mugwang datang dan mengatakan kalau Mihol datang dengan pengawalnya dan menurut SaYa ini adalah perangkap.

Mihol menemui Tagon

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Saya mengatakan kepada Tagon jika mau memulai kudeta, Kita harus atasi Mihol terlebih dahulu. Mugwang mengatakan kalau pasukan Daekan siap menyerang. Para Kesatria Kita sembunyi dalam hutan dan di alun-alun. Termasuk Mubaek siap menerima perintah Tagon.

Tagon menuangkan air dalam gelas dan mengatakan Jika kutumpahkan minumannya, bunuh pengawal Mihol. Tak lama kemudian Mihol datang dengan berbohong mengatakan TanYa bilang Dia tahu di mana lonceng bintang Asa Sin dan Asa Ron kini sudah tamat. Tagon mengambil gelas yang di tuang air tadi.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Mugwang dan Sa Ya siap bertindak, Mihol menyerahkan surat dari Taealha. Dalam surat itu ada pesannya adalah bahwa Kita sudah memang dan percayalah pada Ayahnya, Mihol. Tapi di samping itu surat tersebut ada tambahan tertulis “Aku merindukanmu, Tagon, Aku akan senang jika Kita jumpa lagi.”

Mihol meminta Tagon datang ke Sidang Keramat besok. Tagon mau menjatuhkan air gelas itu, tapi setelah melihat surat itu lagi, Ia tak menjatuhkannya.

Tagon memerintahkan kepada Mugwang, kalau ini adalah perintahnya “Semua kesatria Daekan harus menunggu di posisi mereka saat ini.”

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Para warga serikat dan Jiwa Gunung Puncak Putih masih berada di depan Kuil, mereka pada mengatakan , Kepala Suku Kami… Keturunan langsung Asa Sin… Kembalikan Dia kepada Kami… Sementara Mihol dan Asa Ron hanya melihat dari atas.

Sedangkan TanYa memikirkan keadaan Eunseom saat ini.

Di Doldambul

Di dalam dasar penggalian bawah tanah, Sateunik nampak sekarat. Dia memotong rambut belakangnya dan meminta mereka untuk menyampaikan pesan kepada istrinya. Jika keluar dari sini, Ia meminta tolong kepada Eun Seom untuk mendaki Gunung Hasi dan akan tiba di tempat bernama Jubinol di sisi bukit.

Istrinya Sateunik mungkin saja masih menunggunya disana. Dia ingin mereka memberikannya kepadanya. Dia ingin Eunseom mengatakan padanya kalau Dia mati sebagai Sateunik dari Suku Momo. Dan Istrinya akan membalas kebaikanmu, Dia juga dari Suku Momo. Lalu Sateunik akhirnya mati. Mereka semua pada menangis.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Semua orang di sana berjanji, Mulai dari Olmadae dari Suku Gunung Putih. Badoru dari Suku Kaeran, Chanaragi dari Suku Mulgil, Ipsaeng dari Suku Ago dan Eunseom dari Suku Wahan. Mereka semua berjanji, Sateunik dari Suku Momo, Kami semua akan saling berpegangan tangan bersama dan Kita akan sampaikan kabar kepada istri Sateunik dan melihat lautannya.

Masih di Doldambyul, Syoreujagin turun ke bawah tanah untuk mengecek keadaan mereka. Disana Ia melihat orang-orang tergeletak dan menganggap mereka mati. Syoreujagin terjebak, mereka menyandra Dia. Tapi Eunseom membuat tawaran lain. Dia mengambil semua permata Ipsaeng dan menyuruh Syoreujagin membantu mereka semua keluar dari sana.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Ipsaeng awalnya menolak tapi Eunseom mengatakan walaupun Kita menyandra Syoreujagin, Dia sama tak berharganya di Tebung Hitam Besar ini. Jadi tak ada gunanya menyandera Dia. Dan mereka pasti akan membunuh Dia lebih dahulu. Tapi Kita bisa keluar jika berpura-pura mati.

Akhirnya Ipsaeng setuju memberikan semua permatanya. Syoreujagin setuju dengan kesepakatan itu.

Rencana Mereka dimulai

Olmadae mengatakan menyuruh Dia untuk ke Rawa dekat tambang, tempat jasad dibuang.

Syoreujagin mulai megemas mereka di kantong mayat, lalu anak buah di atas menariknya. Menurut Eunseom Dia tak akan berkhianat karena Dia sangat menginginkan permata itu.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Eumseon mengatakan, Jika Dia berulah, Kita bangun dan teriak lalu beri tahu mereka ada permata di kakinya dan Dia mau mencurinya. Sedangkan Syoreujagin mengatakan, Jika Dia tak dapat permata ini, Dia akan membunuh mereka semua.

Dan yang terakhir Ia yang dimasukkan ke kantong jenazah itu adalah Eunseom, Ia membawanya bersama Dia.

Di Kuil Agung

Yeobi datang bersama anak buahnya untuk memberikan pakaian serba putih pada Taealha dan TanYa. Akhirnya mereka berdua mendatangi sidang keramat itu. Disana dihadiri oleh semua kepala suku, dan seluruh Suku Asa termasuk tetua Suku Asa yang bernama Asa Sakan juga menghadiri itu.

Asa Ron Niruha datang dan rapat Sidang Keramat pun di mulai. Pasukan yang di dalam melapor kepada orang di luar Jiwa Gunung Puncak Putih dan Masyarakat Serikat bahwa Sidang Keramat dimulai.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Asa Mot mulai membicarakannya kasus Taealha, Bahwa Dia menyuruh pelannya menyebarkan rumor yang menista di seluruh Serikat. Taealha mengakuinya dan mengatakan kalau penyebar pertamanya harus ditanyai. Asa Mot bertanya, siapa itu?

Taealha menjawab pemimpim serikat Tagon Niruha, semua orang terkejut. Asa Ron menyuruh Tagon untuk menjawab panggilan para dewa itu.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Lantas, Tagon anak Suku Saenyeok dari Negeri Hitam dan Pemimpin Serikat menjawab Isodunyong dan kekuasaan Airuju. Asa ROn menanyakan, Apakah Kau mengakui tuduhan menghasut yang dilontarkan Tan Ya.

Tagon Berbicara

Tagon menjawab kalau dirinya melihat suku dari Iark bicara dalam bahasa mereka, Mubaekdari Suku Mulgil melihat Kanmoreu, juga byeoldaya milik Asa Sin. Maka menurut pengakui Tagon, Dia tak menyebar rumor palsu melainkan kehendak Dewa.

Asa Ron menjawab, apa kehendak Dewa itu? Tagon lantas menjawab “Keturunan langsung Kepala Suku Asa Sin datang ke Arthdal, Lindungi dan sembah Dia.” Semua orang terkejut.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Mihol tersenyum dan menganggap Tagon telah makan umpannya. Sedangkan Asa Ron dalam hati juga mengatakan “Memalukan, Dia pertaruhkan nyawanya demi gadis itu.”

Tagon melanjutkan perkataanyam menurut ramalan, “Keturunan Kepala Asa Sin kembali, Para dewa akan mengakui orang yang menemukan lonceng bintang Asa Sin.”

Tapi Asa Ron menjawab, Kalimat selanjutnya dari perkataanmu adalah berbunyi, “Mereka yang menghina para dewa, akan dipotong kakinya dan harus berjalan merangkak.” Dan asa Ron menegaskan, Jika wanita ini bukan keturunan langsung Asa Sin, Kamu (Tagon) telah menghina dewa kita.

Tagon menajwab “Ishillobu Seguma” (ISHILLOBU SEGUMA artinya adalah ini Kehendak Dewa, Tak bisa di Tolak)

Asa Ron lalu mengatakan Dia akan menentukan apa wanita ini sungguh keturunan suci di semua Serikat Arthdal, Serikat yang didirikan Aramun haesulla dan dilindungi delapan Dewa. Semua orang di dalam pada mengatakan “Haramahamen!”

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Petugas yang di dalam melaporkan ke petugas yang di luar bahwa Jika Dia menemukan lonceng bintang dalam Kuil Agung, Dia adalah pewaris asli. Jika gagal, Dia akan di buang dengan merangkak bersama para penghujat.

Tan Ya mencari Lonceng Bintang

Asa Ron menyuruh TanYa untuk menemukan Lonceng bintang Kepala Suku mereka yang ada dalam Kuil dan menyuruh Dia membuktikan dirinya. Dia lantaran berdiri di depan api itu.

KILAS BALIK, saat Mihol datang tadi, SaYa bertanya kenapa Ayah lepaskan Dia. Tagon menjawab kalau menurut Taealha dalam surat ini TanYa tahu.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

KILAS BALIK, saat Taealha menyiram Yeobi dengan air dan memadamkan air di tempat itu. Taealha memperingatkan Jangan percaya Ayahnya. Bilan tidak tahu. Jika tahu gigit bibirmu. Kemudian melihat itu semua, saat menulis surat, Taealha tahu kalau TanYa mengetahui keberadaan lonceng itu.

Tapi saat diberi Halusinogen, Dia bilang tak tahu. Hal itu membuat TanYa bingung, apa yang sebenarnya terjadi.

SEKARANG, TanYa dalam hati bergumam “Kau pikir kenapa? Aku tak tahu di mana lonceng itu. Bahkan saat ini, Aku tak tahu. Aku belum pernah lihat tempat ini.”

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Namun saat Tanya bersama Taealha di ruangan sebelumnya, TanYa menanyakan kepada Taealha, apa ada semacam api di dalam tempat itu.

Taealha menjawab, “Ya semacam api yang tidak bisa dipadamkan. Dan Kuil itu dibangun di sana karena api itu.

Tan Ya melakukan Tarian

Dia mengikuti petunjuk yang ada di Byeoldaya itu dan mulai tiga langkah dari api dan bersiul. Seekor burung datang terbang mengitarinya.

TanYa mulai menari disana sesuai apa yang Ibunya ajarkan dan itu adalah Tarian warisan yang di ajarkan kepada setiap Kepala Suku Wahan.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Dalam hati Tan Ya bergumuam, “Serigala Putih Besar, Kau Sungguh meramalkan sejauh ini? Apa Sekian tahun di masa lalu itu ada untuk momen ini? Apa Aku akan menemukan jawabannya saat Tarian ini berhenti?”

Tan Ya lalu berhenti dan tangannya mengarah ke suatu tempat di dinding atas itu. Tak lama kemudian burung yang tadi itu jatuh tertimpa reruntuhan apa yang di tunjuk Tanya dan mati.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Di Byeoldaya itu TanYa mengetahui arti tulisan yang ada disana yakni, Cangkang! “Orang yang merusak cangkang akan muncul bersama Komet Biru juga kematian.”

Asa Sakan menyuruh menghentikan Dia, tapi Asa Moo memegang Dia.

Balik lagi ke TanYa yang bergumam dalam hati, “jadi merusak Cangkang artinya adalah ini, Namun itu terlalu tinggi, Bagaimana Aku bisa…”

TanYa lalu teringat kenapa dahulu Dia harus belajar lontarkan batu, Ibunya mengatakan semua Kepala Suku harus pelajari ini.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

TanYa lalu merobek sedikit pakaiannya dan mengambil batu dibawah lalu di lontarkan ke arah tadi.

TanYa akhirnya mengetahui Keberadaan Lonceng Bintang

Dan ternyata benar saja, Lonceng itu terjatuh. Semua orang pada terkejut. TanYa menghampiri itu dan mengangkatnya lalu membunyikan lonceng bintang itu.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Semua orang langsung berlutut dan mengatakan “Dia keturunan Asa Sin.. Dia keturunan Asa Sin”

Tagon langsung tersenyum dan Taealha juga langsung tersenyum melihat itu. Tanya dalam hati bergumam, Eun Seom, Aku akan menyelamatkanmu.

Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12
netflix.com

Sementara Eunseom yang sedang di angkat ke atas juga dalam hati bergumam “TanYa, Aku akan menyelamatkanmu.”

ASLI!! Biasanya kalau nonton drama Korea, bawaannya suka baper, nah untuk drama Ini berbeda. Di Episode terakhir season 2 ini, Sampai Bulu rambut terasa merinding. Gimana gitu rasanya..

Kalau Kamu gimana? Baper atau sama Kayak Admin? Coba tinggalkan komentar dibawah ya!

Sekian Sinopsis Arthdal Chronicles Episode 12, Bersambung ke episode 13 (SEASON 3 ARTHDAL CHRONICLES) – 7 September 2019 ya!

Watch On Netflix

Nonton Online Arthdal Chronicles Episode 12 Subtitle Indonesia

All images credit and content copyright : TVN, Netflix

2 Shares:
2 comments
  1. Merinding min. Mereka kayak eunmunsom sama tan ya bukan kayak org kasmaran. Tp mereka org yg sama2 berjuang mempertaruhkan nyawa utk menyelamatkan bangsa mereka ditempat asing.
    kerennn beut admin yg ngerangkum ini
    Gomawoo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like