Extraordinay Attorney Woo Ep 12

Tentangsinopsis.com – Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Episode 12 , Cara pintas untuk menemukan spoilers lengkapnya ada di tulisan yang ini yuk. Episode sebelumnya here.

Foto: Netflix
Foto: Netflix


Bu Kim dipanggil sama pak Mun. Perusahaan mereka akan diakuisisi oleh perusahaan asing. Kebijakan mereka juga akan berubah seiring dengan hal itu. Pasangan suami istri yang bekerja di tempat yang sama harus mengundurkan diri salah satunya karena dianggap sudah stabil. Pak Mun melanjutkan kalo nggak bersedia mengundurkan diri maka suaminya akan dipecat. Bu Kim nggak bisa mengambil keputusan. Ia merasa gajinya dan suami kalo digabung bahkan nggak sebanding sama gaji para eksekutif.

Setelah keluar dari ruangan pak Mun, bu Kim bertemu dengan bu Lee. Ia yang suaminya juga bekerja di sana juga dipanggil sama pak Mun. Bu Kim lalu dapat pesan dari suaminya yang mengajaknya bicara.

Sama seperti pak Mun, suami Bu Kim juga memintanya untuk mengundurkan diri. Bu Kim nangis ingat apa yang sudah ia lakukan untuk perusahaan. Ia kembali bekerja 2 pekan setelah melahirkan, ia bahkan nggak menggunakan cuti hamilnya karena diminta untuk berdedikasi pada pekerjaan dan sekarang mereka ingin merawatnya sebagai seorang istri???

Foto: Netflix


Lumba-lumba sungai Yangtze

Myungsuk makan di ruangannya sambil bersiap akan menemui klien setelahnya. Han Daepyo datang dan berencana untuk mengajaknya menjenguk pengacara Park yang diserang sama Jang Jaejin. Jadi sebelumnya Jang Jaejin mendapat hukuman penjara selama 8 tahun karena memb#nuh ayahnya.

Setelah keluar dari penjara ia menyerang pengacara Park. Myungsuk yang juga terlibat dengan kasus itu merasa nggak nyaman. Apalagi sampai sekarang Jang Jaejin masih belum ditangkap. Han Daepyo menenangkan kalo ia sudah meminta tim keamanan untuk menambah personil di sekitar Hanbada.

Saat di lift Myungsuk bersama dengan pria yang mencurigakan. Setelah turun ia mau mencarinya tapi nggak jadi karena ketemu dengan Mun Jongchul dari Mir Life. Dalam rapat, setelah membahas kebijakan perusahaan, mereka lalu membicarakan dua mantan karyawan yang mengajukan gugatan, Kim Hyunjong dan Lee Jiyong. Semasa masih bekerja, mereka adalah karyawan yang baik. Mun Jongchul menanyakan tentang pengacara lawan, Ryu Jaesok yang menurutnya berisik.

Foto: Netflix


Myungsuk dan tim datang ke pengadilan dan melihat pengacara Ryu sedang berdemo dengan dua kliennya, bu Kim dan bu Lee. Setelah mengatahui hakim hari ini, Youngwu dan Suyon khawatir kalo hakim dan pengacara Ryu sama-sama berasal dari Pungsan mengingat marga mereka sama.

Dalam sidang pertama Myungsuk menyinggung tentang pengacara Ryu dan kliennya yang melakukan demo di depan pengadilan tapi rupanya hakim sama sekali nggak mempermasalahkannya. Ia malah tertarik dengan nama pengacara Ryu dan makin tertarik lagi saat tahu kalo ia dari Pungsan.

Nggak seperti hakim Ryu, pengacara Ryu malah menganggap hakim Ryu sedang mendiskriminasikan dirinya karena ia adalah perempuan saat bertanya tentang keluarganya. Malah pengacara Ryu adalah generasi ke 26 sedang hakim Ryu generasi ke 27. Jadi menurut silsilah pengacara Ryu lebih tua dari hakim Ryu.

Foto: Netflix


Malamnya Youngwu makan apel sama ayah. Ia mengatakan tentang konteks dan nada bicara, dua hal yang nggak ia sukai. Mendadak ayah bertanya apa Youngwu punya pacar? Saat Youngwu menjawab enggak, ayah malah kesal. Padahal mereka sudah berciuman. Lah kaget, kok ayah tahu? Lah gimana nggak tahu orang mereka ciumannya di depan rumah. Youngwu lalu ngasih tahu kalo mereka masih dalam tahap saling mengenal dan berkencan. Ayah malah makin kesal dan menganggap pria itu b#rengsek. Sudah mencium putrinya tapi nggak dijasiin pacar.

Myungsuk masih di kantor. Sekilas ia melihat ada orang lewat. Ia pun segera ke ruangannya. Ia memiliki alat setrum, tongkat dan p#stol gas. Lah malah panik sendiri.

Foto: Netflix


Dalam sidang pertama, pengacara Ryu mengajukan beberapa pertanyaan ke pak Mun. Ia juga mengulangi apa yang dia katakan pada kliennya yang secara langsung menyuruhnya untuk berhenti agar suaminya bisa terus bekerja di Mir Life. Ia merasa itu sangat keterlaluan sedangkan di awal ia berkata kalo Mir Life sangat menghormati pendapat para wanita.

Myungsuk mengajukan keberatan karena pengacara Ryu menghina saksi dan meminta agar hakim memberi batasan. Pengacara Ryu menyatakan pendapatnya dan menyebut nama hakim dengan sangat tegas sehingga hakim mengiyakan apa yang dikatakannya.

Selanjutnya Myungsuk mengajukan pertanyaan pada karyawan yang juga memiliki suami yang bekerja di Mir Life. Kebetulan suaminya yang mengundurkan diri dan ia tetap bekerja di Mir life. Dan terkait apa yang pak Mun katakan tentang sebaiknya istri mengundurkan diri, menurutnya itu nggak terlalu penting.

Toh mereka mendapatkan pesangon sebesar 13 bulan kerja dan kontrak kerja. Bu Kim mengajukan pendapat pribadinya dan membuat karyawan tadi mengeluhkan kalo gegara apa yang mereka tuntutkan membuat karyawan wanita yang bertahan menjadi lelah.

Setelah Myungsuk selesai, pengacara Ryu juga mengajukan pertanyaan. Suami dari karyawan tersebut sedang sakit dan habis menjalani operasi. Ia menduga kalo adanya ia di sana untuk sebuah keuntungan. Karyawan itu pun terdiam.

Foto: Netflix


Seusai sidang, bu KIm dan bu Lee menemui bu Choi dan menanyakan keadaan suaminya karena nggak sempat menjenguk. Saat tahu kalo suaminya baik-baik saja mereka pun merasa lega. Keduanya mengajak bu Choi untuk makan. Bu Choi merasa nggak enak dengan yang dilakukannya tapi keduanya sama-sama nggak mempermasalahkannya. Bu KIm memeluk Bu Choi. Begitu juga dengan Bu Lee. Ketiganya menangis bersama. Pengacara Ryu melihat ketiganya dan ikut berkaca-kaca juga.

Saat meninggalkan pengadilan, bu Lee mendatangi Myungsuk dan tim dan memberikan makanan untuk mereka. Meski merasa aneh, Myungsuk menerimanya dan memakannya di mobil dalam perjalanan kembali ke kantor. Saat bu Lee memberikan makanan tadi, Youngwu melihat gantungan kuncinya.

Di jalan secara nggak sengaja ia melihat taksi yang memiliki logo yang sama dengan gantungan kunci bu Lee. Ia pun bilang ke Junho kalo ia ingin melihatnya. Sunwu dan Suyon meremehkannya tapi Junho enggak. Setelah memastikan kalo semuanya sudah memakai sabuk pengaman, ia pun mengejar taksi tersebut. Sampai ngebut dan nyelip segala. Ternyata itu adalah Rumah sakit wanita Huimang

Foto: Netflix


Saat memfoto copy, MInwu teringat tawaran dari Tae Sumi yang memintanya untuk membuat Youngwu keluar dari Hanbada. Ia lalu menemui Youngwu di ruangannya. Awalnya ia membicarakangimana rasanya bekerja di firma hukum besar? Ia lalu memberitahu kalo kebijakan Mir Life itu awalnya datang dari mereka. Merger dan akuisisi untuk memecar lebih dari 100 karyawan wanita hanya kedok.

Ia lalu menyinggung kantor pengacara Ryu yang lebih mirip toko kelontong. Ia juga nggak mampu mempekerjakan karyawan yang kompeten seperti Junho. Sebelum pergi, Minwu memberikan berkas yang dibawanya pada Youngwu dan menyuruhnya untuk membacanya pelan-pelan. Youngwu nggak ngeh dan membacanya pelan dengan suara keras. Minwu menghentikannya dan menyuruhnya untuk baca jangan dengan suara keras.

Setelahnya Youngwu menemui Myungsuk dan menunjukkan apa yang diberikan Minwu. Myungsuk mengetahuinya dan nggak ada masalah. Youngwu merasa kalo apa yang mereka lakukan itu salah. Secara nggak langsung mereka membuat Mir Life memecat karyawan wanita dan mendapatkan keuntungan juga nggak melanggar hukum.

Itu nggak bisa mengubah dunia. Terus mendengarka YOungwu membuat Myungsuk naik pitam. Suaranya meninggi mengingatkan kalo tugas pengacara itu membela klien, bukan untuk memperbaiki dunia. Itu tugas hakim untuk menyatakan benar apa enggak.

Ia menekankan kalo tugas YOungwu menanyai bu Lee tentang Infertilitas besok. Kalo ia nggak bisa maka ia yang akan melakukannya. Youngwu merasa kalo Myungsuk marah padanya. Myungsuk mmbantah tapi dari ciri-ciri wajah yang ditunjukkannya ia memang terlihat sedang marah.

Foto: Netflix


Youngwu dan Junho berkencan di depan gedung akuarium. Bukan untuk melihat ikan tapi berdemo menuntut dibebaskannya lumba-lumba yang dijadikan sebagai pertunjukan. Youngwu sendiri menyayangkan, di saat yang sama pengacara Ryu sedang berdemo di depan kantor Mir Life tapi ia berdemo di sana.

Junho menekankan kalo YOungwu berdemo bukan sebagai pengacara, tapi karena mereka sedang berkencan. Youngwu lalu menanyakan pendapat Junho tentang pengacara seperti yang dikatakan Myungsuk yang harus selalu membela klien dan membiarkan hakim yang memutuskan benar atau salah.

Junho lalu menjelaskan dengan sabar kalo sepanjang ia bekerja ada banyak pengacara yang mengalami hal serupa. Mereka ada yang bertahan dan ada yang keluar. Mungkin karena Hanbada adalah firma hukum yang besar. Tapi Hanbada juga mengambil kasus layanan publik.


Dalam sidang selanjutnya Youngwu memberikan beberapa pertanyaan pada Bu Lee. Saat ia bangkit dan berjalan ke depan, ia melihat para hadirin yang hadir dalam sidang seperti menatapnya aneh. Pertamanya ia menyinggung tentang perusahaan yang diakuisisi oleh perusahaan Jerman.

Selanjutnya ia menyinggung tentang program bayi tabung yang dijalani bu Lee dan menghubungkannya dengan banyaknya cuti yang ia ambil selama setahun ke belakang. Selain itu bu Lee juga sering pulang lebih awal. Dan alih-alih bertahan di perusahaan yang menghadapi krisis, ia lebih memilih untuk mengundurkan diri sehingga mendapatkan pesangon dan bisa menjalani bayi tabungnya.

Pengacara Ryu mengajukan keberatan tapi hakim memutuskan untuk menolaknya. Bu Lee sendiri juga keberatan dengan apa yang Youngwu katakan. Dan kalo pun program bayi tabungnya berhasil, ia tetap akan bekerja.


Youngwu bertemu dengan pengacara Ryu di depan toilet. Pengacara Ryu mengaku sangat penasaran dengan Youngwu sebagai pengacara autis pertama di Korea. Ia menyayangkan Youngwu yang harus bergabung dengan Hanbada.

Harusnya ia bergabung dengan firma hukumnya. Keduanya menyampaikan pandangan masing-masing tentang arti pengacara bagi mereka. Bagi pengacara Ryu, pengacara itu beda dengan jaksa dan hakim. Mereka duduk di samping klien saat membela mareka. Sebagai pengacara mereka bisa memilih sendiri klien yang akan mereka bela.

Minwu menunjukkan ke Suyon dan Myungsuk, Youngwu yang sedang bicara dengan pengacara Ryu. Apa yang sedang mereka bicarakan?


Suyon memergoki Minwu di depan ruangan Youngwu. Katanya ia mau menemui Youngwu. Padahal Youngwu sudah pergi sama Junho dari tadi. Minwu tinggal sama Junho tapi nggak tahu kalo mereka pacaran. Setelah Suyon pergi, Minwu masuk dan mengambil laporan konsultasi dengan Mir Life dan berniat mengirimkannya ke kantor pengacara Ryu dan memasukkan kantu nama Youngwu di dalamnya.,

Junho mengantar Youngwu. Di depan ia celingukan seperti mencari sesuatu. Ternyata ia mencari ayah setelah sebelumnya ayah melihat mereka berciuman. Ayahnya ingin bertemu dengan JUho tapi ia menolak karena mereka hanya berkencan dan belum pacaran. Junho kaget dengan anggapan Youngwu setelah yang mereka lakukan.

Ia mengungkit saat mereka melakukan protes pembebasan lumba-lumba sebelumnya padahal itu adalah hari liburnya. Saat mereka berkencan sambil joging mereka juga hanya mengambil sampah. Youngwu mengungkit mereka juga makan bersama dan bermain game.

Junho mengingatkan kalo mereka hanya makan gimbab dan saat bermain game mereka hanya mencari perbedaan selama 3 jam. Menurutnya berkencan dengan YOungwu itu sangat nggak asik. Youngwu protes, kalo nggak asik kenapa ia tetap melakukannya? Hhh gemes banget Junho jadinya. Itu karena ia menyukainya makanya ia mau melakukan semuanya.


Dalam sidang selanjutnya pengacara Ryu menyatakan kalo mereka memiliki bukti baru yang didapat dari sumber anonim. Minwu kayak dah senang banget secara itu seperti amplop yang ia kirimkan ke Pengacara Ryu. tapi ternyata isinya adalah buku catatan milik pak Mun.

Ia pun menyerahkannya ke hakim dan menunjukkan catatan yang pak Mun tulis selama menjawab telpon. Myungsuk mengajukan keberatan karena itu melanggar sebuah pasalkarena dikumpulkan secara ilegal. Lah lupa bunyi pasalnya. Ia berusaha ngasih kode ke Youngwu agar melanjutkannya.

Youngwu baru ngeh maksudnya Myungsuk setelah dikasih tahu Suyon. Tapi kan itu untuk kasus pidana, sedangkan kasus mereka sekarang asalah perdata. Hal itu dimanfaatkan sama pengacara Ryu sehingga hakim pun menerima bukti tersebut. Setelahnya Youngwu melihat bu Kim mengangkat jempolnya ke arah bu Choi. Ternyata bu Choilah yang mengambil buku itu dari meja pak Mun.

Bu KIm dan Bu Le kembali melakukan demo. Kali ini mereka nggak sendiri tapi bersama para istri yang juga dipaksa mengundurkan diri dari Mir Life karena suami mereka juga bekerja di sana.


Dalam sidang akhir hakim memutuskan menolak gugatan penggugat. Di luar sidang Myungsuk mengetahui kalo pak Mun juga ternyata akan dipecat dan akan digantikan oleh orang dari SB Life. A menganggap kalo itu adalah karmanya setelah memecat lebih dari 100 karyawan. Dan meski kalah, bu Kim, bu Lee dan pengacara Ryu nggak akan menyerah. Mereka akan mengajukan banding nantinya. Mereka juga mendapatkan dukungan dari para karyawan lain.


Youngwu datang ke kantor pengacara Ryu bersama dengan Suyon. Di perjalanan mereka heran dengan pengacara Ryu yang mengadakan pesta usai persidangan padahal ia adalah pihak yang kalah. Youngwu merasa kalo pengacara Ryu itu seperti lumba-lumba sungai Yangzte.

Youngwu menwarkan untuk menjelaskannya tapi Suyon menolak. Dan meski begitu Youngwu tetap menjelaskannya. Dan yang membuat persamaaan adalah Pengacara Ryu adalah pengacara yang nggak bisa ditemukan di Hanbada dan ia nggak ingin ia punah.

Sampai di sana kantor kosong. Youngwu melihat notes dukungan untuk pengacara Ryu yang posisinya nggak rapi. Merasa nggak tahan ia pun merapihkannya. Pengacara Ryu datang dan memberitahu kalo pestanya di atas. Ia minta Suyon untuk naik duluan sedang ia mau bicara dengan Youngwu. Setelah Suyonpergi, ia lalu memberikan berkas konsultasi hukum yang Youngwu kirimkan padanya. Dan saat Youngwu bilang kalo ia nggak mengirimkannya, ia pun berpikir kalo ada masalah internal di Hanbada. Ia menasehati agar Youngwu berhati-hati dengan orang di sekitarnya.

Setelahnya mereka lalu ke atas dan bergabung dengan yang lain. Di sana ada banyak sayuran pengacara Ryu yang ditanamnya sendiri. Mereka meyajikan bibimbab pada Youngwu padahal dia mintanya gimbab. Suyon menyuruhnya untuk makan apa yang ada.

Bu KIm dan bu Lee memberitahu kalo mereka tadi membaca puisi dan sekarang gilirannya pengacara Ryu. Youngwu pikir sekarang bukan waktunya untuk membaca puisi tapi menyiapkan banding. Pengacara Ryu merasa kalo ia akan kalah lagi dengan Hanbada. Ia lalu naik dan membacakan puisinya. Di belakang Youngwu melihat lumba-lumba Yangtze dan diam-diam melambaikan tangannya.


Myungsuk sendirian di kantor. Saat di lift ia kembali bersama dengan pria yag mencurigakan waktu itu. Panik banget saat pria itu mengeluarkan obeng. Ia lalu buru-buru turun di lantai 15. Makin panik lagi lihat pria itu juga ikutan turun. Ternyata pria tadi adalah tukang reparasi, makanya bawa obeng.

Sampai di ruangannya Myungsuk mengambil tongkatnya untuk berjaga-jaga. Ia lalu mendapat pesan dari Han Daepyo yang mengabarkan kalo polisi sudah menangkap Jang Jaejin. Setelahnya Myungsuk merasa lega. Ia terbatuk dan mengeluarkan darah. Nggak ngerti dengan dirinya. Apa aku sakit???

Bersambung

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like