Drama Korea

Extraordinary Attorney Woo Ep 4

Tentangsinopsis.com – Sinopsis Extraordinary Attorney Woo Episode 4 , Cara pintas untuk menemukan spoilers lengkapnya ada di tulisan yang ini yuk. Episode sebelumnya here.

foto : netflix
foto : netflix
foto : netflix

Pak Dongil dan pak Dongyi datang ke rumah pak Dongsam. Pak Jinhyuk yang sedang memperbaiki atap pamit. Istri pak Dongsam lalu masuk dan ikut bicara dengan kedua kkak iparnya. Pak Dongil selaku kakak pertama menunjukkan selembar kertas terkait tanah warisan dari ayah mereka yang akan mendapatkan kompensasi. Meski ladang tersebut atas nama pak Dongsam, tapi pak Dongil dan pak Dongyi ingin agar uang kompensasinya dbagi 3. Anak pertama 25%, anak kedua 15% dan anak ketiga 10%. Pak Dongil bahkan bilang kalo itu adalah hukum warisan dan ia sudah menanyakannya pada pengacara.

Dan saat pak Dongsam merasa ragu, pak Dongyi meyakinkan kalo pak Dongil lebih tahu dari pak Dongsam karena dia tinggal di Seoul dan punya usaha di sana. Keduanya mendesak pak Dongsam untuk segera membubuhkan capnya. Tanpa ragu pak Dongsam nyuruh istrinya untuk mengambilkan cap nya lalu membubuhkannya pada surat perjanjian itu.

foto : netflix

Kasus 4 perselisihan 3 bersaudara

Youngwu masih belum berangkat. Suyeon menatap ruangannya khawatir. Junho juga kayaknya khawatir. Ia masuk ke sana dan meletakkan hadiahnya di meja.

Myungsuk melihat berkas di mejanya dan mengambilnya. Ternyata itu adalah surat pengunduran diri Youngwu.

foto : netflix
foto : netflix
foto : netflix

Youngwu sendiri sedang makan di restoran gimbab ayahnya. Geurami datang. Setelah mengucapkan salam ala mereka, keduanya pun duduk bersama. Ia cerita kalo ayahnya ditipu sama dua pamannya. Ayah memberinya gimbab dan meminta Geurammii untuk menceritakan lebih jelasnya.

Geurami lalu memberitahu kalo kakeknya punya tanah di Ganghwa-do. Setelah kakeknya meninggal, tanah itu menjadi atas nama ayahnya. Baru-baru ini pemerintah melakukan pembangunan dan tanah itu mendapat kompensasi. Kedua pamannya datang dengan membawa memoandum dan meminta bagian mereka. Anehnya kedua pamannya mendapat bagian banyak sedang ayahnya malah menyisakan hutang membayar pajak.

Ayah yang dulu juga pernah tinggal di sana menyesal karena nggak membeli tanah di sana dulu. Ia lalu bertanya kenapa ayahnya menyetujui memorandum itu kalo nggak menguntungkannya. Geurami menyebut ayahnya b#doh karena baginya ia hanya seorang petani yang nggak punya kenalan pengacara sedang kedua pamannya adalah orang yang berpendidikan yang pernah kuliah di Seoul. Ia lalu menyombongkan kalo ia juga punya kenalan pengacara.

Youngwu jadi nggak enak dan memberitahu kalo ia bukan lagi seorang pengacara. Lah ayah sama Geurami kaget dan menanyakan alasannya. Youngwu nggak mau menjawabnya dan bilang akan mengenalkannya dengan pengacara kenalannya. Ia lalu meminta memorandum itu untuk mempelajarinya. Geurami memberitahu kalo memorandumnya ada sama ayahnya. Dengan penuh semangat ayah memutuskan untuk menutup restorannya dan mengajak mereka pergi ke Ganghwa-do. Ayah juga mengambil gimbab mereka padahal belum selesai makan dan mengajak mereka untuk berangkat sekarang juga.

foto : netflix
foto : netflix
foto : netflix

Dalam perjalanan ayah mengajak keduanya untuk mampir ke SMA mereka dulu tapi keduanya menolak. Ia dan ayah pindah ke Ganghwa-do karena berpikir ia nggak akan dirundung kalo sekolah di pedesaan. Menurut ayah, anak-anak di pedesaan baik dan nggak nakal. Kenyataannya sama aja. Mereka membuat permainan bernama maaf dan mengerjainya. Dari menabraknya saat minum susu, menyandungnya saat berjalan dan menarik kursinya saat mau duduk di kantin. Karena itulah ia mencari tempat yang aman saat istirahat maupun saat makan siang. Yaitu di ruang guru dan di pos satpam.

Hingga saat jam pelajaran, teman-teman memberinya kertas dan menyuruhnya bertanya pada guru seputar operasi pelebaran matanya. Guru tersebut tersinggung dan menampar keras Youngwu. Geurami membalas perlakuan anak itu dan malah dimusuhi teman-teman sekelas. Gegara itu Geurami nggak masuk sekolah dan pergi ke karaoke. Ia ketahuan sama gurunya dan dimarahi.

Hari berikutnya Geurami berangkat. Bukannya masuk kelas untuk mengikuti pelajaran, ia malah nyanyi di ruang siaran dan membuat guru kesal.

foto : netflix

Hari itu Youngwu menunggu Geurami di depan sekolah. Ia datang terlambat. Youngwu mau mengikutinya. Geurami menanyakan alasannya mengikutinya. Youngwu menjawab kalo ia aman kalo bersamanya. Geurami menanyakan apa yang akan ia dapatkan kalo bersama Yooungwu. Youngwu menjanjikan akan menjadi temannya, karena Geurami nggak punya teman. Geurami tertawa lalu mengajaknya masuk sekolah bersama.

foto : netflix

Akhirnya mereka sampai. Geurami menyapa anjingnya sebelum masuk rumah. Setelahnya Youngwu membaca memorandum yang dimaksud. Dan benar apa yang dikatakan Geurami kalo memorandum itu sangat merugikannya. Ia bertanya apa pak Dongsam dipaksa saat menyetujuinya? Ayah Geurami membantah. Kedua kakaknya bicara dengan halus saat mengatakan tentang hukum waris kalo kakak tertua mendapat warisan terbanyak diikuti adik-adiknya.

Youngwu melihat hari kematian ayahnya pak Dongsam dan memberitahu kalo hukum waris sudah direvisi dan semua anak mendapatkan jumlah yang dibagi rata tanpa mempertimbangkan urutan kelahiran maupun asal-usul pernikahan. Dan hal itu malah bagus menurut Youngwu. Kakak pak Dongsam sengaja melakukannya untuk pengecohan agar ia menyetujui memorandum itu. Mereka bisa mengajukannya dan meminta pembatalan.

foto : netflix
foto : netflix

Pak Dongsam merasa nggak enak karena harus menuntut kakaknya. Youngwu memberitahu kalo dalam kasus ini bukan menuntut tapi mengadukan. Geurami kesal, ia nyuruh ayahnya untuk menanggung hutang itu bersama ibu kalo nggak mau melakukannya. Ibu juga jadi merasa kalo ayah sangat peduli dengan kakaknya ketimbang sama istri dan anak.

Akhirnya ayah mau melakukannya. Ia minta Youngwu untuk menjadi pengacaranya. Youngwu nggak enak ngasih tahunya kalo ia nggak bisa karena bukan lagi seorang pengacara. Tapi sebagai gantinya ia akan mengenalkannya dengan pengacara lain.

foto : netflix
foto : netflix

Geurami datang ke Hanbada sambil telponan sama Youngwu. Ia disuruh menemui Myungsuk tapi orangnya nggak ada di ruangannya. Selanjutnya ia disuruh untuk datang ke Tim litigasi dan menemui Junho. Lah Geurami bingung gimana nyarinya. Youngwu memberi petunjuk kalo Junho itu tampan dan tinggi. Yang namanya tampan kan beda-beda ya menurut tiap orang. Geurami malah salah mengira kalo Minwu adalah Junho gegara dia tampan menurutnya.

Junho memberitahukan kalo Junho adalah dirinya. Geurami memberitahu kalo ia disuruh Youngwu untuk menemuinya setelah nggak menemukan Myungsuk. Junho yang merasa sangat mengkhawatirkan Youngwu menanyakan keadaannya. Ia lalu menunjukkan Myungsuk yang baru datang.

foto : netflix
foto : netflix

Youngwu sendiri membantu ayahnya menjadi karyawan paruh waktu. Ia membawa pesanan dengan sangat hati-hati dan akhirnya bisa melakukannya. Lucunya setelah selesai ia malah ngasih tahu pelanggan kalo gimbab kepiting yang dipesannya nggak terbuat dari daging kepiting tapi hanya dikasih rasa kepiting. Ayah yang nggak mau kehilangan pelanggan buru-buru menariknya dan melarangnya ngomong yang enggak-enggak.

Geurami nelpon dan memberitahu kalo Myungsuk menolak mengambil kasusnya. Youngwu mengatakan beberapa hal dan membuat Geurami kerepotan. Ia lalu memberikan telponnya pada Myungsuk agar mereka bisa bicara sendiri. Myungsuk memberitahu kalo dokumen yang sudah ditandatangani sangat sulit untuk dimenangkan. Youngwu memberitahu kalo ada penipuan dan paksaan dibaliknya. Myungsuk menanyakan buktinya. Dan kalo mereka nggak punya, mereka nggak bisa memenangkan kaasusnya.

Ayah yang tahu kalo ada masalah memberikan jaketnya Youngwu dan menyuruhnya segera pergi. Lah lupa celemeknya belum dicopot.

foto : netflix
foto : netflix
foto : netflix

Saat jam makan siang Geurami ikut makan di sana dan dudk di samping Minwu. Kayaknya dia suka deh sama Minwu. Youngwu akhirnya datang. Myungsuk melihat celemeknya, nggak nyangka baru aja mengundurkan diri Youngwu sudah buka usaha gimbab.

Youngwu menjelaskan kasus ayahnya Geurami dan seperti yang sebelumnya Myungsuk nggak bisa melakukannya karena mereka akan kalah. Youngwu lalu mau minta tolong sama Suyeon dan Minwu kalo Myungsuk nggak mau. Myungsuk heran, kenapa nggak Youngwu sendiri aja? Dan ternyata pengundran diri Youngwu belum diprotes untuknya karena alassannya kurang jelas.

Nggak tahu kenapa Minwu langsung menyudahi makannya setelah mendengar apa yang Myungsuk katakan. Myungsuk nyuruh Youngwu untuk menangani kasus itu. Ia akan mendampigninya tapi hanya mengawasi dan nggak akan membantu. Junho tampak senang tahu kalo Youngwu masih akan bekerja di Hanbada.

foto : netflix

Saat mau pulang, Junho yang melihat Youngwu di depan pintu berputar memanggilnya dan menghampirinya. Ia mengaku kangen makan sama Youngwu. Ia lalu menyinggung tentang hadiah yang ia tinggalkan di mejanya yang malah dibuang sama Youngwu karena nggak tahu kalo itu dari Junho. Junho sangat kecewa tapi Youngwu nggak bisa melihatnya dan pergi bersama Geurami.

foto : netflix
foto : netflix

Sidang untuk kasus ayah Geurami digelar. Youngwu mengajukan pertanyaan pada tergugat yaitu pak Dongil tentang apa yang dikatakannya pada penggugat kalo kakak pertama mendapat warisan lebih banyak dari kakak kedua dan si bungsu. Ia juga sudah mengonsultasikannya pada pengacara. Dengan tanpa ragu pak Dongil membantahnya.

Youngwu melarangnya untuk mengatakan kebohongan mengingat ia sudah bersumpah tadi. Pengacaranya mengingakan Youngwu kalotergugat itu bukan saksi jadi nggak bisa diterapkan atas apa yang ia katakan tadi.

Apa ia nggak pernah belajar? Youngwu nggak mau kalah dan menyebutkan pasal yang lain dan juga menyindirnya nggak pernah belajar. Bahkan saat hakim yang bertanya pada pak Dongil, ia tetap membantanya. Demikian juga dengan Pak Dongyi. Ia mengatakan hal yang sama seperti yang pak Dongil katakan. Dan karena itu, kalo pihak penggugat masih berpegang dengan anggapannya, ia harus membawakan bukti untuk menguatkan pernyataannya.

foto : netflix

Usai sidang pak Dongil dan pak Dongyi memarahi pak Dongsam dan menganggapnya terlalu serakah pada uang. Setelah mereka pergi, Myungsuk memastikan apa benar nggak ada bukti atau saksi? Ibu lalu ingat kalo ada Jinyuk, kepala desa. Meski katanya akan pergi tapi ibu yakin kalo Jinhyuk bukan orang yang akan pergi begitu saja karena dia suka menguping.

foto : netflix

Pak Dongsam mendatangi rumah Pak Jinhyuk bersama keluarganya, Youngwu dan Junho. Setelah ditanya ternyata pak Jinhyuk mendengarkan semuanya karena mengikat sepatunya. Ia menyesalkan pak Dongsam yang mudah banget dibohongi. Apa ia nggak menonton tv? Mendengarnya membuat pak Dongsam merasa lega.

foto : netflix

Youngwu, Geurami dan Junho akan kembali ke Seoul. Geurami yang tahu kalo Junho suka sama Youngwu mendadak bilang kalo ia akan pulang besok. Sebelum Junho naik ke mobil ia ngasih tahu kalo Desa Nakjo terkenal dengan matahari terbenamnya. Di sana juga tempat favorit untuk pacaran. Ia ngasih mereka ruang untuk bersama. Dih Junho bingung.

foto : netflix
foto : netflix
foto : netflix

Dalam perjalanan Junho berbasa-basi menanyakan acara selanjutnya. Ia lalu mengajak Youngwu untuk melihat matahari tenggelam. Di sana mereka berjalan di tepi pantai. Junho mengikuti Youngwu yang lagi-lagi membicarakan tentang paus.

Junho bermaksud mengajak Youngwu untuk melihat paus secara langsung di akuarium tapi rupanya Youngwu nggak menyuka itentang hal itu. Menurutnya akuarium itu seperti penjara untuk paus. Mereka dipaksa melakukan pertunjukan dan hanya dikasih ikan beku. Ia juga ngasih tahu kalo lumba-lumba bisa hidup selama 40 tahun di alam bebas tapi di akuarium hanya bertahan selama 4 tahun. Betapa stresnya mereka di dalam sana.

Junho meminta maaf dan mengaku nggak tahu tentang hal itu. Youngwu lanjut ngomongin tentang lumba-lumba dan berharap bisa bertemu dengan sepasang lumba-lumba dengan anak mereka yang dulu pernah ditangkap untuk melakukan pertunjukan tapi kemudian kembali dilepaskan di laut luas.

Ragu-ragu Junho bertanya alasan Youngwu berhenti menjadi pengacara. Youngwu mengatakan kalo orang hanya melihatnya sebagai orang autis yang nggak berpengalaman meski ia seorang pengacara. Kalo ada dipihaknya maka mereka akan kalah. Tapi Juno justru ingin pengacara Youngwu ada di pihaknya.

foto : netflix
foto : netflix

Minwu menemui Myunguk dan bertanya apa Youngwu akan diberi hukuman? Ia absen sangat lama dan hanya mengambil kasus yang diiinginkannya. Dan kenapa juga surat pengunduran dirinya belum diproses? Ia pikir Youngwu mendapat perlakuan khusus karena ia seorang penyandang cacat.

Myungsuk memberitahu kalo Youngwu adalah pengacara yang gigih. Ia memiliki cara pikir yang nggak terduga dalam mengatasi kasusnya. Ia yakin kalo Minwu mau melihat dari dekat, ada banyak hal yang bisa dipelajari. Bukankan satu tim saling belajar satu sama lain? Minwu sepertinya kecewa dengan jawaban yang Myungsuk berikan dan pamit.

foto : netflix

Sidang kembali berlangsung dengan menghadirkan kepala desa sebagai saksi. Nggak seperti sebelumnya, ia membantah mendengar pembicaraan mereka karena berada di luar rumah. Hmm kayak ada yang aneh. Ia menatap pak Dongil sambil tersenyum seakan mempunyai kesepakatan dengannya.

foto : netflix

Geurami yang kesal melampiaskannya dengan minum di tempatnya Minsik. Youngwu meminta maaf. Ia nggak nyangka kalo mereka bohong di persidangan. Ia menyesalkan nggak mencarii bukti terlebih dahulu. Geurami juga jadi pasrah karena memang nggak ada bukti. Youngwu jadi punya ide. Ia serasa melihat dua lumba-lumba berenang di lautan. Kalo buktinya nggak ada, mereka bisa membuatnya.

foto : netflix

Para putra keluarga Dong mengadakan upacara peringatan kematian ayah mereka. Geurami datang dalam keadaan mabuk dan mengejek kedua pamannya. Mereka menyebut tentang hukum waris dan membantah mengatakannya saat di pengadilan. Ia menyebut paman kedua seperti anjing yang menuruti semua perkataan kakak pertama. Keduanya bekerjasama menipu ayahnya yang hanya tahu soal beras.

Pak Dongil marah dan menampar keras Geurami. Pak Dongsam nggak terima kakaknya menampar putrinya dan membentaknya. Pak Dongil malah memukul pak Dongsam. Pak Dongyi juga melakukan hal yang sama. Suasana menjadi sangat kacau. Istri pak Dongsam menelpon polisi dan melporkan kedua kakak iparnya memukuli suami dan anaknya.

foto : netflix
foto : netflix

Di sidang selanjutnya Youngwu menunjukkan laporan kesehatan Geurami dan ayahnya atas penyerangan yang dilakukan kedua tergugat dan menambahkan laporan polisi sebagai bukti tambahan kepada hakim. Pengacara tergugat menekankan kalo sidang kali ini membahas tentang memorandum dan bukannya yang Youngwu katakan barusan. Youngwu menyebutkan pasal tentang penyerangan yang memperbolehkan penggugat untuk membatalkan kesepakatan setelah mendapat penyerangan. Pengacara tergugat nggak mau menerimanya begitu saja dan mengatakan kalo penggugat sengaja merencanakan penyeragan tersebut. Dan dengan santainya Youngwu betanya “apa anda punya buktinya??”

Karena hal itulah akhirnya mereka memenangkan persidangan dan hakim pun menyetujui pembatalan kesepakatan tersebut.

foto : netflix
foto : netflix

Junho mengajak Youngwu pergi ke ruang konferensi utama karena ingin menunjukkan sesuatu padanya. Setelah masuk, Youngwu langsung berlari ke jendela dan melihat pemandangan di luar. Indah banget. Tapi bukan itu yang mau Junho tunjukkan. Yang ingin ia tunjukkan ada di belakangnya. Youngwu berbalik dan melihat lukisan ikan paus dalam ukuran yang sangat besar. Ia sampai nggak bisa berkata-kata melihatnya. Junho juga tampak senang lihat Youngwu senang dengan apa yang ingin ia tunjukkan.

foto : netflix
foto : netflix
foto : netflix

Pak Dongil dan pak Dongyi menemui Geurami dan ayahnya. Mereka meminta maaf dan mengakui kalo sebenarnya mereka nggak kaya. Pak Dongil punya bayak hutang dari bisnis lamanya dan pak Dongyi hidup hanya dari gajinya. Mereka menjadi serakah setelah mendengar pak Dongsam akan mendapat miliaran won. Mereka juga meminta maaf pada Geurami.

Pak Dongsam nyuruh mereka untuk duduk. Ia menyampaikan apa yang dikatakan pengacaranya kalo secara hukum 10 miliar itu adalah miliknya. Tapi ia nggak mau menjadi serakah seperti mereka. Ia pun memutuskan untuk membaginya sama rata pada mereka setelah dikurangi pajak.

Youngwu menyampaikan kalo setelah dikurangi pajak dua kali, masing-masing mereka akan mendapatkan 2 miliar won. Ia juga membagikan dokumen kesepakatan pada ketiganya dan mereka pun menandatanganinya bersama-sama. Geurami menunjukkan tato di tangannya yang bertuliskan pasal yang menyelamatkan keluarganya. Ia memeluk Youngwu bangga. Bayinya sekarang sudah besar.

foto : netflix

Myungsuk tertidur di ruangannya. Ia terbangun saat Youngwu mengetuk pintu. Ia menanyakan pengunduran dirinya dan meminta untuk kembali bekerja. Myungsuk menyetujuinya. Ia memperingatkan kalo Youngwu nggak bisa mengambil libur lagi karena sudah menghabiskan semua hari liburnya.

Setelahnya Youngwu kembali ke ruangannya setelah mengembalikan namanya di pintu.

foto : netflix
foto : netflix

Beberapa bulan yang lalu

Kembali ke saat Han Daepyo menemui ayah. Kayak mereka saling kenal. Keduanya minum di tempaynya ayah sambil membicarakan putrinya ayah, Youngwu. Ia meminta ayah untuk mengirim Youngwu ke Hanbada meski proses rekrutmen sudah usai. Sebelumnya Youngwu sudah mendaftar tapi ditolak sama pegawainya saat ia berpaling karena sibuk. Youngwu adalah lulusan terbaik yang mendapatkan skor terbaik dalam ujiannya. Kalo nggak Hanbada yang mempekerjakannya, siapa lagi?

Ayah membenarkan kalo putrinya memang pintar tapi ia autis. Ia nggak pernah bekerja lebih dari enam bulan sejak lulus. Han Daepyo merasa kalo kebanyakan firma hukum nggak bisa melihatnya.

Selanjutnya ayah mengantar Han Daepyo sampai depan. Ia berterima kasih atas tawaran yang Han daepyo berikan.

Di mobil, Han Daepyo melihat profil Youngwu dan merasa kalo Youngwu mirip sama ibunya.

Bersambung…

Anysti

ARTIKEL TERBARU