Drama Korea

Alchemy of Souls Ep 10

Tentangsinopsis.com – Sinopsis Alchemy of Souls Episode 10, Cara pintas untuk menemukan spoilers lengkapnya ada di tulisan yang ini. Cek Episode sebelumnya disini.

Foto: TvN
Foto: TvN


Kim Doju nyuruh beberapa pelayan termasuk Mudok untuk membereskan kamar Uk karena dia sudah pindah ke SOngrim. Sembari mengawasi Kim Doju juga membicarakan kemungkinan Uk yang akan menikah dengan wanita telur burung yang disayanginya. Setelah kamar itu kosong, Mudok menutup pintunya sambil mengingat hubungannya dengan Uk.

Uk sudah menyelesaikan bukunya dan memberikannya pada Sangho. Sebelumnya ia sudah belajar pada 12 guru dan ia sudah membacanya sebanyak 12 kali juga jadi sudah hafal. Karena tugasnya sudah selesai, ia mau pulang. Park Jin mendadak muncul dan nggak bolehin. Ia memberikan sebuah buku ke Uk dan menyuruhnya untuk membacanya. Kalo ia bisa menyelesaikannya maka ia boleh keluar masuk Songrim sesukanya. Di belakang Yul dan Danggu sudah ngasih kode agar Uk nggak mengambilnya tapi Uk yang sangat ingin keluar dan menemui Mudok mengambilnya.

Di ruang belajarnya ia kesal karena buku itu kosong. Sangho memberitahu kalo itu adalah buku Shim dan menyuruh UK untuk berkonsentrasi agar ia bisa segera membacanya.

Foto: TvN


Di perpustakaan beberapa teman Danggu membicarakan UK yang mereka yakini nggak akan bisa menyelesaikan buku SHim. Mungkin butuh waktu setengah tahun atau mungkin juga satu tahun. Yul yang sedang membaca buku kesal dengarnya dan menegur mereka yang nggak lebih baik dari Uk. Dia aja sudah mendapat buku Shim tapi mereka belum.

Di luar Yul menyesalkan UK yang nggak akan bisa keluar dari sana sebelum menyelesaikan buku Shim.

Park JIn ngasih tahu Heo Yom kalo ia memang nggak akan mengajari Uk. Dia hanya ingin mengurungnya agar Uk nggak membuat masalah lagi. Ia juga yakin kalo Jang Gang akan kembali begitu mengetahui Uk ada di SOngrim dan pintu energinya sudah terbuka.

Foto: TvN


Yunok mau menemui Uk dan membawakannya camilan. Sun Yi menyayangkan padahal Uk orang yang cerewet dan menyebalkan sampai hanya ada satu pelayan yang tahan dengannya, Mudok. Yunok lalu ingat malam itu Uk memanggilnya Mudok.

Sementara itu Uk yang berusaha membaca buku itu meletakkannya di atas lilin. Aneh. Kertasnya nggak bisa terbakar dan saat ia meletakkan tinta tahu-tahu tintanya hilang. Merasa frustasi ia mau kabur lewat jendela tapi malah kepergok sama Yunok. Dia nyuruh Yunok untuk merahasiakannya lalu lompat. Sangho datang sama Sun YI. Yunok berusaha mengalihkan kalo ada yang mau ia bicarakan dengan Uk dan nyuruh mereka untuk keluar karena kemungkinan akan lama.

Foto: TvN
Foto: TvN
Foto: TvN


Mudok sedang mengambil air. Pelayan lain memberitahu kalo ada tuan muda dari Songrim yang mencarinya. Ia langsung keluar karena berpikir kalo Uk yang datang. Tahunya malah Yul. Ia memberitahu kalo Uk nggak akan pulang untuk waktu yang nggak pasti karena ia harus melakukan sesuatu.

Mudok senang Uk tekun dan mengasah kemampuannya. Ia nyuruh Yul untuk menunggu di dalam karena Kim Doju sedang keluar. Yul memberitahu kalo ia datang untuk menemui Mudok dan bukannya Kim Doju. Ia mau mengambil payungnya kembali. Mudok yang nggak tahu kalo payung hanya alasan memberitahu kalo ia sudah membuangnya karena payungnya rusak.

Yul lalu mengajak Mudok ke pasar untuk membeli payung. Sambil memilih Yul mengatakan kalo ia hanya punya payung. Kakinya pernah terluka dan ia merasa nggak nyaman saat sedang hujan. Tanpa sadar Mudok malah bertanya kalo kaki Yul yang patah waktu itu masih belum sembuh? Yul sempat kaget karena Mudok mengetahuinya.

Mudok lalu mengungkit kalo Danggu pernah mengatakannya. Yul memilih payungnya dan nyuruh Mudok untuk membayar. Itu adalah payung paling mahal. Mudok nyuruh penjualnya untuk menagih ke keluarga Jang tapi Yul minta Mudok langsung yang membayarnya. Sebelumnya ia pernah lihat Mudok bersenang-senang dan memakai pakaian mahal. Mudok pun terpaksa membayarnya.

Uk malah pulang untuk menemui Mudok. Pelayannya mengira kalo Uk diusir lagi. Uk membantahnya dan bilang kalo ia hanya mampir sebentar. Sambil nunggu Mudok, Uk ditawari untuk berendam dan langsung diiyakan. ia juga melihat kue di meja dan memakannya. Katanya di Songrim nggak ada camilan.

Foto: TvN


Danggu dan Choyon bertemu. Tadinya Choyon mau menunjukkan ke temannya kalo ia dan Danggu sudah putus. Tapi karena Choyon mau menonton pertandingan penyihir, jadinya mereka menundanya. Katanya kalo membatalkan pernikahan maka nggak diijinkan untuk keluar rumah selama sebulan.

Setelah membeli payung, Mudok membeli camilan untuk Uk dan dititipin ke Yul. Yul menunjukkan camilan kesukaannya tapi Mudok nggak memelikannya. Ia malah langsung pergi setelah melihat pengumuman perekrutan pelayan Songrim.

Foto: TvN


Gadis yang temannya Mudok mau mencuri aksesoris di pasar dan malah ketahuan sama ahjumma yang uang dan cincinnya ia ambil saat di kapal. Ia kabur dan melihat Mudok. Dan saat ia memanggil Mudok, ia kaget ternyata Mudok bisa melihatnya. Beberapa pria muncul dan menangkapnya. Sepertinya gadis itu mengambil uang mereka. Soyi, nama gadis itu, meminta tolong pada orang-orang dan bilang kalo ia buta. Saat nggak ada yang peduli, Yul muncul dan membelanya. Pria-pria tadi akhirnya pergi setelah mengetahui kalo Yul adalah penyihir.

Yul menolong Soyi dan memberikan payungnya agar dipakai sebagai tongkat karena tongkatnya patah. Ia mau mengantarnya ke kantor daerah untuk meminta bantuan tapi Soyi menolak. Setelah beberapa langkah mendadak seseorang memukul Soyi dan menangkapnya.

Foto: TvN
Foto: TvN

10 11
Mudok mengambil nomor antrian untuk menjadi pelayan Songrim dan mendapat nomor 125. Padahal yang akan diterima hanya 5 orang saja. Ia lalu ketemu sama pelayan keluarga Jang dan dikasih tahu kalo Uk pulang. Ia pun segera berlari pulang. Sayang sesampainya di rumah Uk malah sudah pergi. Kim Doju bilang baru aja Uk pergi.

Ia juga nggak sempat ketemu. Mudok lalu berlari mengejar. Ia melihat Uk sudah naik perahu dan memanggilnya. Ia ngasih tahu kalo ia akan menemui Uk dan menyuruhnya untuk melakukan apa yang harus dilakukan dan ia juga akan melakukan yang bisa ia lakukan. Uk nggak ngerti maksudnya apa. Mudok lalu melemparkan sesuatu ke Uk.

Di depan pintu gerbang Uk bertemu dengan Pangeran. Dia yang habis ketemu sama Heo Yom mengungkit kalo Uk nggak dibolehin keluar sebelum menyelesaikan buku Shim. Uk mengalihkan dengan menanyakan alasan Pangeran datang ke Sejukwon. Apa gara-gara pukulannya waktu itu? Pangeran mengaku nggak papa dan hanya ingin minum aja. Ia melihat Uk menyembunyikan sesuatu dan memintanya untuk menunjukkannya.

Uk memberikan makanan yang dibawanya dari rumah. Pangeran tahu kalo nggak ada makanan seperti itu di Songrim dan berpikir kalo Uk habis pulang. Uk mengeluhkan pangeran yang mau membocorkan rahasianya padahal mereka sudah minum bersama. Pangeran seperti ingin membantu Uk dan memberitahu agar nggak lewat pohon pinus besar karena para penyihir sedang berkumpul di sana. Setelah Uk pergi ia memakan makanan dari Uk dan sangat menyukai rasanya.

Foto: TvN


Ratu menyesalkan apa yang pangeran lakukan pada Uk. Jinmu menenangkan kalo mereka memiliki catatan bintang Jang Uk dan meyakini kalo pangeran akan membunuhnya setelah mengetahuinya. Mereka pergi ke ruang rahasia dan melihat sesuatu. Itu bisa membuat mereka menguasai Jinyowon. Dan di dalamnya ada Soyi yang nggak sadakan diri.

Foto: TvN
Foto: TvN


Sangho merasa ada yang aneh dan mau meriksa di dalam. Sun Yi melarang tapi ia tetap mau masuk untuk memastikan kalo Uk ada di dalam. Akhirnya Uk kembali. Kaget lihat Yunok masih ada di sana. Sangho dan Sun yi datang. Yunok lalu pamit ke Uk dan mangaku senang bicara dengannya. Setelah Yunok dan Sun yi pergi, Sangho memanyakan apa saja yang mereka bicarakan selama 4 jam tadi? Uk juga nggak tahu pasti. Ia melihat banyaknya kulit kacang di meja dan merasa kalo YUnok pasti sangat bosan tadi.

Mudok menyampaikan ke Kim Doju kalo ia akan menjadi pelayan Songrim agar kejadian seperti hari ini nggak akan terulang lagi. Kim Doju membenarkan. Uk memang terbiasa manja sejak kecil. Mudok lalu menunjukkan kalo ia bahkan sudah mendaftar. Kim Doju merasa kalo itu nggak perlu. Ia bisa memasukkannya ke sana tanpa melakukan seleksi.

Selanjutnya Kim Doju bicara dengan kepala pelayan di sana dengan membawakannya syal sutra. Sebagai gantinya ia memintanya untuk menulis nama Mudok agar Mudok bisa keluar masuk Songrim. Kepala pelayan malah melaporkannya ke Park Jin dan membuat Park Jin marah pada Kim Doju. Mereka juga sempat bertengkar gegara itu.

Foto: TvN


Uk masih belum bisa membaca buku Shim. Guru Lee datang dan memberitahu kalo akan butuh waktu lama untuk membacanya. Paling cepat setahun. Ia lalu menawarkan agar Uk menjadi muridnya saja. Ia bisa belajar lebih cepat. Uk nggak mau karena harus minum teh Dangeun. Guru Lee lalu memberitahu kalo isi buku itu adalah puisi, surat cinta dari gurunya, Tuan Seo Gyeong untuk kekasihnya yang nggak bisa melihat. Ia nyuruh Uk untuk memikirkan surat cinta biasanya dimulai dengan apa?

Guru Lee akan kembali ke Danhyanggok. Heo Yom memintanya untuk tetap di SOngrim tapi guru Lee nggak mau. Ia nggak bisa berlatih di tempat yang nyaman dengan pakaian hangat. Mereka lalu bertemu dengan Kim Doju yang habis bertengkar dengan Park Jin. Kim Doju berterima kasih pada guru Lee atas yang sebelumnya dan memberinya syal sebagai ucapan terima kasih. Ia bahkan juga memakaikannya dan membuat guru Lee merasa berdebar.

Foto: TvN


Hari ini adalah hari perekrutan pelayan Songrim. Yul dan Danggu melihat pesertanya dan memastikan kalo Mudok ada di dalam daftar. Uk juga dikasih tahu Sangho tentang hal itu. Pangeran yang menjalani pengobatan di Sejukwon juga mengetahui hal itu dan melihat daftar peserta. Babak pertama adalah ujian tertulis untuk mengevaluasi kemampuan membaca dan menghitung.

Yul mendapatkan soalnya dan memecahkannya bersama Danggu dan Pangeran. Setelah selesai menjawabnya, Pangeran datang ke tempat seleksi dan diam-diam memberikan soal dengan jawaban yang benar pada Mudok. Berkat itu Mudok lolos pada tahap pertama. Selanjutnya adalah ujian praktik. Evaluasi kemampuan menangani bahan makanan, bersih-bersih, dan mencuci pakaian. Untuk semua ujian itu Mudok lulus. Ujian paling akhir adalah kesehatan jasmani. Mereka harus mengambil air dari sumur yang berjarak dua kilometer dari sana.

Foto: TvN


Park Jin menemui Uk. Ia menasehati agar Uk membacanya dengan perlahan dan nggak perlu terburu-buru. Ia juga menawarkan untuk memberinya tempat tidur dan pakaian yang nyaman tapi Uk menolak. Uk teringat kalo Guru Lee memberitahunya kalo itu adalah surat cinta untuk kekasih Tuan Seo Gyeong yang nggak bisa melihat.

Ia lalu menanyakan ke Park Jin wanita di sekitar Tuan Seo gyeong yang nggak bisa melihat. Park Jin memberitahu kalo dalam perang besar 200 tahun lalu, orang yang membantu Tuan Seo Gyeong adalah pemimpin Jinyowon yang pertama. Dan dia nggak bisa melihat.

UK terus mencari tahu tentang buku itu melalui Park JIn. Rupanya Park JIn juga hanya tahunya itu adalah puisi dan bukannya surat cinta. Terakhir Uk yang berpikir kalo surat cinta dimulai dengan nama penerimanya bertanya pada Park Jin nama dari orang itu, pemimpin Jinyowon yang pertama. Dan namanya adalah Jin Seolran yang artinya “Bunga anggrek yang mekar di tengah salju putih.”

Foto: TvN
Foto: TvN


Saat itu juga Uk bisa melihat bunga anggrek di sekitar salju. Dan secara ajaib isi bukunya terlihat olehnya. Ia lalu menulis apa yang ia baca dalam buku tersebut. Di saat yang sama Mudok juga tengah berjuang. Setelah menyelesaikannya Uk lalu menyerahkannya pada Sangho. Mudok ada di urutan ke enam. Ia yang nggak mau menyerah berlari dan akhirnya lolos. Meskipun setelahnya ia pingsan.

Sangho memberikan apa yang Uk tulis pada Park Jin dan memberitahu kalo Uk pergi menemui Mudok di Sejukwon. Sama seperti Uk, Mudok juga lolos ujian pelayan Songrim dan pingsan setelahnya. Park Jin teringat kalo selama ini Mudok memang selalu bersama dengan Uk.

Foto: TvN


Uk dan Mudok duduk di depan Sejukwon. Ia memberitahu tentang buku yang dibacanya tadi yang menurutnya nggak tersampaikan. Kalo surat cinta itu sampai seharusnya ada di Jinyowon sekarang dan bukannya di Songrim. Menurut Mudok, surat cinta yang nggak terlihat dan nggak tersampaikan adalah surat cinta yang bodoh dan malang. Uk lalu menunjukkan surat Mudok yang dilemparkan saat ia ada di perahu.

Dan ternyata itu adalah brosur perekrutan pelayan Songrim. Meski Mudok bilang kalo itu bukan surat, menurut Uk, surat bisa berbentuk apapun. Yang penting perasaannya tersampaikan. Mudok berpikir kalo Uk kasihan padanya karena mengikuti ujian perekrutan pelayan. Uk mengaku bingung harus menjawabnya sebagai tuan muda atau muridnya. Di sana tertulis dengan jelas, “Meski harus melakukan ini, aku akan menghampirimu. Aku rela melakukan apa pun jika bisa menemuimu.” Dan jawabannya adalah “Aku juga merindukanmu”

Bersambung…

Anysti